--> Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Mengenal Fungsi ISEVEN di Excel

Paritas adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didalam dunia matematika, apa itu paritas ? Paritas merupakan pengelompokan bilangan ganjil dan bilangan genap dan tentunya sebelum melakukan pengelompokan ini kita harus mengetahui mana yang termasuk bilangan GENAP dan mana yang bilangan GANJIL.

Assalamu'alaikum sahabat exceler,

Pada pembahasan hari ini AG Excel mengajak sahabat exceler semua untuk mengenal fungsi ISEVEN yang ada di excel. Fungsi ini secara default (jika diterapkan di excel) akan menghasilkan nilai FALSE untuk bilangan ganjil dan nilai TRUE untuk bilangan genap, untuk mengganti false dengan ganjil dan mengganti genap dengan true maka kita menggunakan fungsi logika yaitu fungsi IF. Baiklah sahabat exceler disimak tahapannya dibawah ini.

Mengenal ISeven

Seperti yang sudah AGExcel tulis diatas jika secara default fungsi ini (iseven) hanya menampilkan nilai false dan true saja, perhatikan gambar 1 dibawah ini :

Gambar 1 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Pada gambar diatas jelas sekali jika fungsi iseven ini menghasilkan false dan true. Fungsi Iseven ini memiliki syntax ISEVEN(NUMBER), Number pada syntax tersebut adalah cell acuan yang memiliki nilai berupa numeric atau angka. Semisal seperti gambar diatas angka 1 (satu) berada di cell B2 dan fungsi iseven berada pada cell C2 dan fungsi yang ditulis seperti ini =ISEVEN(B2) karena angka 1 (satu) adalah angka ganjil maka nilainya menghasilkan false.

Menggabungkan ISEVEN dengan Fungsi IF

Diatas sudah dijelaskan jika fungsi iseven ini menghasilkan nilai false dan true maka untuk mengganti nilai false menjadi ganjil serta nilai true menjadi genap kita memerlukan satu fungsi lagi yaitu fungsi IF (untuk funsi IF lebih lengkap silahkan kes1ni) untuk penerapannya di excel adalah sebagai berikut :

Cell B1 terdapat angka 1 dan di cell D2 kita masukkan formula  =IF(ISEVEN(B2),"GENAP","GANJIL") maka akan menghasilkan ganjil jika bilangan ganjil dan genap jika bilangan tersebut adalah bilangan genap. Lihat gambar 2

Gambar 2 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Selanjutnya kita dapat memberikan warna pada masing-masing jenis angka, hijau untuk angka ganjil dan kuning untuk angka genap, berikut langkahnya.

Tambahkan Warna pada Ganjil dan Genap

Seleksi kolom ganjil dan genap mulai dari cell B1 sampai dengan cell B1131 jika selesai klik di conditional formatting (menu bar) lalu pilih New Rule kemudian pilih Format Only Cell that Content dan pada pilihan Format only cells With... silahkan ganti between dengan Equal to kemudian di kotak formula yang ditampilkan tuliskan "GANJIL". Jika selesai pada tahapan ini silahkan klik format untuk mengatur Font, Border dan Fill  (Tetapi disini AG Excel hanya menggunakan Fill saja) setelah dirasa sudah selesai mengkondisikan pada format silahkan klik Ok Ok dan Ok.

Untuk mengatur atau menambah warna pada pilihan genap langkahnya sama dengan yang ganjil... hanya saja kali ini tidak perlu mimilih New Rule tetapi pilih Manage Rule pada jendela yang ditampilkan barulah klik New Rule, untuk selanjutnya langkahnya sama seperti pengaturan pada ganjil diatas.

Kawan exceler dapat menyaksikan video yang sudah AG Excel siapkan dan menggunakan excel latihan untuk berlatih menggunakan fungsi ISeven ini. Terima Kasih.

Video dan Excel Latihan

Excel latihan [64kb] dan video untuk membantu memahami materi kali ini

Incoming TermsAGExcel :

  • Fungsi Iseven
  • Iseven di Excel
  • Mencari bilangan ganjil dan genap
  • Iseven dan IF
  • Fungsi logika

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar