Skip to main content
AG EXCEL

follow us

2 Langkah Menambahkan Nol di Depan No Telp dan Cell Hanya Diisi Angka

Pada bahasan kali ini kita akan belajar untuk mengatur agar kolom yang sudah ditentukan hanya dapat diisi angka saja serta langkah-langkah penulisan angka 0 (Nol) didepan no telp.

Assalamu'alaiku sahabat exceler,

Saat sebuah tabel data yang mengharuskan kita menambahkan no telp di excel sering kali angka 0 (Nol) yang berada diawal penulisan tidak ditampilkan oleh excel. Untuk itu kali ini AGExcel.Net akan berbagi tips untuk menampilkan angka nol pada penulisan no telp pada tabel data di excel.

Untuk menampilkan angka nol diawal penulisan no telp ini dapat kita lakukan dengan dua langkah mudah dengan memanfaatkan Number Format.

2 Langkah Menambahkan Nol di Depan No Telp

1. Menggunakan format text

Silahkan buatlah tabel yang didalam tabel tersebut terdapat kolom untuk pengisian no telephone, jika selesai, seleksi kolom tersebut lalu arahkan cursor pada ribbon (group Number) lalu ubah General menjadi Text dan silahkan diuji dengan menuliskan no telp pada kolom yang diseleksi tadi. (lihat gambar 1)

Gambar 1 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

2. Menggunakan Custom Format

Langkah kedua dengan menggunakan Custom format, silahkan sahabat exceler menseleksi kolom/ range yang akan diatur untuk penulisan nomor telephone dan arahkan cursor ke group number (ribbon) lalu pilih panah bawah (group number) selanjutnya akan tampil dialog box dari format cells kemudian pilih menu Custom dan edit General menjadi "0"# kemudian klik Ok, jika selesai silahkan diuji range yang kita seleksi tadi (lihat gambar 2)

Gambar 2 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Cell Hanya Diisi Angka

Bahasan selanjutnya tentang Cell Hanya Diisi Angka.

Pada bahasan ini kita ingin memaksa user/ pengguna untuk mengisi sebuah kolom yang sudah kita tentukan atau kita atur untuk diisi hanya angka saja (numeric) artinya user/ pengguna tidak boleh menggunakan karakter lain selain angka. Langkah-langkah yang dapat diterapkan di excel sebagai berikut ini.

Saya beranggapan jika sahabat sudah memiliki tabel yang salah satunya terdapat kolom seperti pengisian NIK, No. Telp, ID Siswa atau No. Induk Siswa yang terpenting berupa angka.

Jika sudah siap tabelnya kita lanjutkan dengan pengaturannya. Disini kita memanfaatkan Data Validation dan tahapannya adalah :

Seleksi kolom atau range yang diharuskan terisi angka, kemudian klik tab DataData Validation  dan akan tampil kotak Data Validation. Di tab Settings pada pilihan Allow dirubah dengan Whole Number selanjutnya pada pilihan data pilih greater than Untuk Menambahkan pesan error silahkan klik pada tab Error Alert → di kotak title ... isikan dengan kata/ kalimat yang ingin ditampilkan begitupun dengan Error Message. Klik Ok jika selesai (lihat gambar 3)

Gambar 3 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Mungkin itu yang dapat AG sampaikan untuk hari ini, untuk lebih jelasnya silahkan saksikan videonya yang sudah AG siapkan dibawah, terima kasih.

Video

Video tentang 2 Langkah Menambahkan Nol di Depan No Telp dan Cell Hanya Diisi Angka

Incoming Terms AGExcel :

  • 2 Langkah Menambahkan Nol di Depan No Telp
  • Cell Hanya Diisi Angka
  • Format Number di Excel
  • Custom Format dan Manfaatnya
  • Belajar Mengatur Angka di excel

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar