Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Formula IF bertingkat

Fungsi IF adalah fungsi yang paling sering digunakan pada excel. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang cukup mudah diterapkan. Karena begitu mudahnya sehingga banyak para pengguna excel mengkombinasikan dengan formula lain saat membuat sebuah aplikasi menggunakan excel.

Assalamu'alaikum sahabat exceler,
Untuk hari ini AG akan membahas sedikit tentang fungsi IF yang sering kita jumpai. penerapannya tidak sulit hanya saja perlu kesabaran dan logika yang baik. Dalam menggunakan fungsi ini sebaiknya kita harus memahami fungsi dasar dari IF ini.

File contoh AG siapkan di akhir post ini.

IF dasar dan penjelasannya

Seperti yang sudah AG tulis diatas, sebelum memulai pembahasan kali ini ada baiknya kita memahami syntax dasar dari fungsi IF ini. Syntax yang digunakan adalah IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]) Dengan melihat syntax tersebut maka kita dapat membacanya seperti ini :
Jika-IF,(menjalankan_pengujian→logical_test,[maka hasilnya adalah benar→value_if_true],[jika tidak maka hasilnya salah→value_if_false])

Argumen dari True dan False ini bersifat opsional untuk itu argumen ini ditandai dengan kurung siku [....] Jadi karena bersifat opsional argumen tersebut sebaiknya diisi, karena jika tidak diisi maka akan menampilkan value (nilai) FALSE dan TRUE. Bagaimana sahabat, sampai disini bisa dipahami ya ??? Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 1 dibawah ini !

Gambar 1

IF bertingkat

Setelah kalian memahami fungsi dasar dari IF ini maka sekarang kita lanjutkan dengan fungsi IF bertingkat. Pada lanjutan IF ini kita akan menggunakan dua fungsi IF syntax yang digunakan seperti berikut ini
=IF(logical_test1,[value_if_true1],IF(logical_test2,[value_if_true2],[false]))

Pada prinsipnya sama dengan fungsi IF tunggal (fungsi IF dasar) hanya saja disini kita menambahkan satu fungsi IF lagi untuk menghasilkan argumen yang lain. Semoga bisa dipahami yaa (lihat gambar 2.)

Gambar 2

Fungsi IF lebih dari dua fungsi IF

Sekarang kita akan menambahkan lebih banyak fungsi IF dengan contoh formula sebagai berikut ini :
=IF(H20<45,"E",IF(H20<60,"D",IF(H20<70,"C",IF(H20<80,"B",IF(H20<90,"B+",IF(H20<100,"A","A+"))))))

Agar lebih mudah memahami formula diatas coba perhatikan gambar 3 dan silahkan unduh file contohnya yang sudah AG sertakan sebagai bahan untuk belajar.

Gambar 3

Mungkin itu yang dapat AG sampaikan hari ini dilain kesempatan kita sambung lagi dengan pembahasan yang lebih menarik, terima kasih.

Unduh File contoh melalui link berikut ini

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar