Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Mengenal Fungsi Exact di Excel

Untuk melihat  sama / tidak sama pada isi cell dari dua kolom yang berbeda pada ratusan atau mungkin ribuan data akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika kita mengerjakan secara manual. Untuk itu kali ini kita akan mempelajari tentang fungsi yang dapat membantu saat ingin membandingkan isi/nilai dari kedua cell.

Assalamu'alaikum sahabat exceler,

Cukup lama blog ini tidak di update AG Excel mohon maaf jika belum memenuhi permintaan yang masuk melalui email atau form contact us yang terdapat pada menu. Tetapi Insha Allah AG Excel akan selalu berusaha untuk memenuhi request yang sudah masuk melalu WA (whatsapp) atau email. Memenuhi permintaan dari sahabat kita dari sidoarjo untuk itu AG Excel akan menjelaskan Fungsi Excact yang ada di excel.

Prinsip kerja dari fungsi ini adalah untuk membandingkan 2 (dua) string (teks) pada dua cell dan dua kolom yang berbeda. Dan pada fungsi ini akan menghasilkan nilai TRUE jika kedua cell memiliki isi yang sama, akan menampilkan nilai FALSE jika kedua cell yang dibandingkan menghasilkan nilai yang berbeda. Sebagai catatan jika fungsi ini sangat peka terhadap huruf kapital ataupun huruf kecil dan fungsi ini tidak hanya berjalan pada format text saja tetapi juga dapat berjalan pada format numeric (angka), lihat gambar 1 dibawah ini.

Gambar 1 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Bentuk sintax dari fungsi ini adalah EXACT(Text1,Text2)

Penjelasan dari syntaxnya sebagai berikut :

Text1 → adalah nilai/ isi dari cell pertama yang ingin dibandingkan

Text2 → nilai/ isi dari cell kedua yang ingin dibandingkan

Seperti yang dilihat pada gambar diatas (warna kuning) adalah cell yang berisi dengan data yang sama untuk Tabel 1 (warna kuning) di cell B4 dan C4 memiliki nama yang sama (Pepaya) termasuk penggunaan huruf besar dan huruf kecil maka menghasilkan nilai TRUE, sedangkan pada Tabel 2 baris yang berwarna kuning memiliki angka yang sama maka menghasilkan nilai TRUE selain itu akan menghasilkan nilai FALSE.

Untuk mengganti hasil default dari FALSE dan TRUE kita dapat memanfaatkan fungsi IF, silahkan lihat gambar 2 dibawah ini.

Gambar 2 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Dengan menambahkan fungsi IF maka kita dapat mengatur kata yang ingin ditampilkan pada hasil perbandingan tersebut, untuk mempelajari fungsi IF bisa ke Formula IF bertingkat.

Demikian penjelasan singkat tentang fungsi Exact di excel yang mungkin saja dapat berguna bagi kawan exceler semua, terima kasih.

Sebagai bahan latihan berikut lampiran dan video tutorialnya FUNGSI EXACT

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar