Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Beberapa Manfaat Microsoft Excel

Beberapa Manfaat Microsoft ExcelJika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari anda berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu mempermudah kehidupan anda.

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

Dibidang Akuntansi Ms. Excel digunakan menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Dibidang Penghitungan Matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

Dibidang pengelolaan data Ms. Excel dapat digunakan untuk mengelolah data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

Dengan jumlah row (baris) mencapai 1.084.576 baris dan jumlah column (kolom) sebanyak 16.384 kolom, maka kita tidak akan kesulitan jika menambahkan data dengan kapasitas yang besar.

Salah satu kegunaan utama dari Ms. Excel adalah memiliki kemampuan untuk mengorganisasi data dengan teratur yang mana spreadsheet memiliki logika serta grafik yang bagus.

Dengan demikian maka kita akan dengan mudah melakukan analisis data khususnya jika menggunakan grafik, presentase serta data visual lainnya.

Ms. Excel dapat melakukan penghitungan lebih baik daripan kalkulator dan jauh lebih mudah. Tetapi hal ini tergantung pada pemahaman serta ketrampilan dalam menerapkan formula di Ms. Excel.

Sebagai bagian dari Ms. Office, Excel merupakan standar terbaik bagi perangkat lunak spreadsheet. Spreadsheet di Ms. Excel ini bisa ditambahkan pada Ms. Word dan Ms. Power Point serta berbagai produk Microsoft Office lainnya.

Namun demikian, diantara banyaknya kelibihan yang dimiliki Ms. Excel ada juga kekurangan dari perangkat lunak ini. Kesalahan perhitungan, hal ini disebabkan oleh kesalahan penerapan formula. Untuk itu pengguna Excel seharusnya memahami dasar-dasar dari Ms. Excel itu sendiri.

Sejatinya Ms. Excel yang merupakan bagian dari microsoft office merupakan perangkat lunak yang sepenuhnya lisensi dimiliki oleh microsoft, jadi tergolong mahal seperti halnya office 365 yang harus berlangganan.

Dengan kekurangan yang dimiliki, tidak membuat kita untuk belajar menggunakan Ms. Excel, walaupun bukan office 365 :) jika dibandingakan dengan kelebihan yang ditawarkan. Jadi tetap semangat untuk belajar Ms. Excel.


Newest PostNewest Post
Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar