Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Kotak Pencarian di Excel

Lama juga tidak update blog ini, maaf karena pekerjaan yang tidak bisa ditunda maka beberapa hari ini blog tidak terurus.

Assalamu'alaikum sahabat exceler,

Kotak pencarian biasanya kita temukan pada web/ blog tetapi bedanya diblog jangkauannya lebih luas sedangkan yang akan kita bahas ini jangkauannya hanya sebatas yang telah kita tentukan.

Kotak pencarian di excel, mungkin itu yang dapat AG sebutkan, walaupun sederhana tapi mungkin juga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan kotak pencarian ini, yuukk disimak langkah-langkahnya yaa :

Buat Tabel

Langkah awal buatlah tabel seperti gambar 1 dibawah ini

Gambar 1 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Jika selesai silahkan seleksi tabel mulai dari baris pertama sampai baris paling akhir dari range. Pada tabel yang AG buat range-nya B4:G40 (header tabel tidak perlu di seleksi)

Conditional Formatting

Selanjutnya klik pada menu bar di tab home temukan dan klik CONDITIONAL FORMATTING lalu klik New Rule kemudian pilih Use A formula to determine which cell to format, di kotak formula masukkan formula berikut ini :

=AND($C$1<>"",OR(ISNUMBER(SEARCH($C$1,$B4:$G4))))

Jika selesai klik format dan klik Tab fill silahkan pilih warna yang diinginkan dan jika langkah-langkah diatas selesai klik OK Lihat gambar 2 dibawah ini.

Gambar 2 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Kotak Pencarian

Berikutnya kita akan membuat kotak pencariannya dengan memanfaatkan text box pada tab developer, ini langkah-langkahnya.

AG beranggapan jika sahabat exceler saat membuat tabel range yang digunakan sama dengan range milik AG begitupun dengan data yang ada didalam tabel.

Pada cell B1 silahkan isikan dengan kata/ kalimat yang diinginkan, contohnya seperti "CARI :" lalu pada cell C1 kita akan meletakkan text box-nya. Klik tab Developer kemudian klik insert → klik text box kemudian sesuaikan panjang dan lebar kotak sesuai dengan cell C1.

Di kotak pencarian (text box) klik satu kali lalu klik menu Propeties di menu bar maka akan tampil properties dari text box, temukan LinkedCell dan isikan dengan $C$1 kemudian tutup properties. Terakhir klik  Design Mode pada menu bar untuk mematikan fungsi desain. jika langkah diatas sudah selesai semua, silahkan di ujicoba kotak pencariannya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 3 dibawah ini :

Gambar 3 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Jika ada pertanyaan silahkan di kotak komentar dibawah ya. Agar lebih memahami pembahasan kali ini AG sertakan file latihan dan video di akhir tulisan ini. Terima kasih.

File Latihan dan Video

Untuk memudahkan saat latihan membuat kotak pencarian di excel berikut AG siapkan file untuk latihannya. Kotak Pencarian di Excel [ukuran - 18kb]

Incoming AGExcel.Net :

  • cara membuat search engine di excel 2013
  • excel search box
  • Kotak Pencarian di Excel
  • cari data dengan textbox tampil di listbox
  • search tab in excel
  • cara mencari data di excel dengan rumus

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar