Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Pahami dan Lakukan Ini Sebelum Bekerja Dengan Excel

Memahami extensi file yang tersimpan dan pengaturan regional adalah dua hal yang perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal, seperti error pada rumus dan lain sebagainya. Dengan pengaturan regional kombuter (PC/ laptop) yang tepat akan membuat penerapan rumus pada excel akan menjadi lebih efisien.

Assalamu'alaikum sahabat Exceler,
Kali ini kita akan membahas tentang extensi dari file excel yang sering digunakan dan apa fungsi dari exctensi tersebut serta pengaturan regional setting pada komputer yang jika tidak dipahami maka dampaknya akan terjadi error pada rumus.

Daftar Isi show / hide

Extensi File

.xls → adalah format default pada worksheet MsO Excel 2003 atau versi Excel 12 ke bawah. File .xls ini berbasis format BIFF dan dapat digunakan untuk menyimpan Macro VBA.

.xlsx  → merupakan format default worksheet MsO Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016. File dengan extensi  xlsx ini  berbasis format XML dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan macro karena alasan keamanan.

.xlsm → format worksheet Microsoft Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016 sama seperti xlsx dibuat berbasis XML, tetapi perbedaannya untuk extensi xlsm ini dapat menyimpan Macro VBA.

.xlsb → adalah format worksheet Microsoft Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016 dibuat berbasis XML, sama halnya dengan extensi .xlsm hanya saja dikodekan dalam bentuk binery, sehingga jauh lebih cepat dan efisien dan dapat menampung lebih banyak data  saat kita bekerja dengan Excel yg terdiri dari ribuan baris dan kolom.

Regional setting

PENULISAN INDONESIA (ID) ENGGLISH (US)
angka ribuan titik → 1.000 titik → 1,000
decimal Koma → 1,27 titik → 1.27
mata uang Rp. $
tanggal tanggal/bulan/tahun bulan/tanggal tahun
pemisah rumus titik koma  → ;  =SUM(A1;A2) koma  → , =SUM(A1,A2)

Dari tabel diatas jelas terlihat jika pengaturan regional pada komputer kita sangat mempengaruhi lembar kerja kita, untuk itu lebih disarankan untuk menetukan regional dan bahasa mana yang akan digunakan. Berikut ini panduan untuk mengatur regional dan bahasa pada komputer kita (PC dan Laptop).

Video

AG menggunakan windows 8.1 bagi pengguna windows 7 ataupun windows 10 dapat menyesuaikan.
Untuk lebih mudahnya silahkan buka This PC → pada menu bar atas klik
Jika sudah dilanjutkan dengan klik  → → lalu klik tab → pada pilihan format silahkan pilih region yang diinginkan. untuk lebih jelasnya bisa melihat video  dibawah ini

Mungkin itu yang dapat AG sampaikan hari ini. Insha Allah kita lanjutkan dilain hari yaa.

Untuk selanjutnya seluruh formula yang ada di AGExcel.Net untuk pemisah rumus menggunakan tanda koma sesuai dengan pengaturan regional setting di komputer AGExcel.Net.


Incoming Terms AGExcel.Net :

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar