Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Mencegah Duplikat Data Di Excel dengan Cara Ini

Bekerja dengan ratusan bahkan ribuan data bukanlah hal yang mudah, dan terkadang data ganda juga menjadi momok bagi mereka yang bekerja dengan excel. Untuk itu kali ini AG akan berbagi tentang cara untuk mencegah data ganda/ duplikat data pada excel.

Pada pertemuan kali ini, seperti yang sudah AG katakan diatas bahwa kita akan membahas cara/ langkah-langkah untuk mencegah data ganda dan mencari duplikat data di lembar kerja excel. Dengan langkah-langkah ini setidaknya kita dapat mengurangi atau lebih tepatnya mencegah kesalahan saat input data.

Cegah Data Ganda di Excel

Untuk mencegah data ganda di Excel kawan-kawan dapat mengikuti langkah sebagai berikut ini :

Pertama buatlah tabel seperti yang terdapat pada gambar 1 dibawah ini

Gambar 1 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Jika sudah membuat tabel seperti pada gambar satu diatas sekarang kawan-kawan seleksi range yang akan dicegah input data gandanya selanjutnya pilih tab Data klik Data Validation maka akan ditampilkan dialog box. Pada Validation Criteria silahkan pilih Custom dan pada kotak formula masukkan rumus berikut ini

=COUNTIF($D$3:$D$10,D3)=1

Jika selesai klik tab Error Alert, pada kotak Title dan Error Message masukkan kalimat yang ingin ditampilakn ketika terjadi data ganda pada lembar kerja, lihat gambar 2.

Gambar 2 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Langkah-langkah diatas jika sudah selesai silahkan diuji. Apakah formula yang kita masukkan berjalan dengan baik atau tidak.

Mengetahui Duplikat Data di Excel

Langkah-langkah diatas adalah cara untuk mencegah data ganda di excel, tetapi bagaimana jika kita sudah memiliki data dan terdapat data ganda yang seharusnya tidak ada ??? Untuk memperbaiki data ganda yang terdapat di lembar kerja maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

Buatlah tabel (didalam tabel tersebut terdapat data ganda) kalau sudah sekarang dilanjutkan dengan langkah-langkah untuk mencari data ganda di excel seperti dibawah  ini :

Seleksi range yang akan dicari duplikat datanya selanjutnya klik pada Conditional Formatting lalu arahkkan cursor ke Highlight Cells Rules dan klik Duplicate Values dan klik Ok Hasil yang ditampilkan pada tabel (jika terdapat data ganda) adalah cell berwarna merah mudah, silahkan kawan-kawan perbaiki datanya dan lihat hasilnya, lihat gambar 3.

Gambar 3 | Klik Untuk Memperbesar Gambar

Itu kawan-kawan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mencegah data ganda di excel serta cara mencari duplikat data di lembar kerja excel. Untuk bahan pembelajaran file excel sudah AG siapkan link unduhan dibawah dan jika masih bingung dengan penjelasan AG silahkan tonton video yang sudah AG siapkan dibawah, terima kasih.

Tonton Video

Unduh excel untuk bahan latihan pada link berikut ini : [ukuran 27kb] - Cegah Data Ganda

Incoming Terms AGExcel.Net :

  • mencegah input data ganda pada vba excel
  • Cara Mencegah Duplikat Data Di Excel dengan Cara Ini
  • menolak data ganda dengan vba excel
  • cara mengetahui data ganda di excel
  • cara memisahkan data yang sama di excel
  • cara menyortir data yang sama di excel
  • cara mendeteksi duplikat di excel
  • cara input data excel
  • cara mengambil data yang sama di excel

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar