Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Alasan Kita Belajar Excel

Mengapa harus belajar Excel ? Apa yang dapat saya lakukan dengan excel ? Mungkin dua pertanyaan itu menjadi pertanyaan yang sangat mendasar bagi kita yang baru/ akan belajar excel.

Assalamu'alaikum sahabat exceler,
Seperti yang kawan ketahui jika Microsoft excel adalah sebuah aplikasi dokumen yang cerdas dan dapat digunakan untuk mengelolah data yang ribuan jumlahnya. Dan sebenarnya jika diminta untuk menjawab dua pertanyaan diatas maka jawabannya simple saja kok. "Mengapa harus belajar excel ?" jawabannya adalah "sesuai dengan kebutuhan" Semisal pengguna excel adalah anak-anak SMA maka bisa digunakan sebagai media pembelajaran dan jika digunakan di perkantoran maka kebutuhan excel ini menjadi jauh lebih luas. Jika diuraikan akan menjadi seperti ini :

Dengan excel membuat kalkulasi data menjadi lebih mudah

Jika kita bekerja atau berurusan dengan data yang ribuan jumlahnya maka mungkin menjadi sesuatu yang membosankan jika kita menggunakan microsoft Word atau sejenisnya. Bukan hanya membosankan, bisa juga akan mempersulit kita dalam pengelolaan data yang jumlahnya ribuan tadi. Belum lagi dari segi efisiensi waktu yang mana di era digital ini kita dituntut serba cepat. Dengan excel yang jika di kelola dengan baik dan tepat maka akan memberikan kemudahan serta dapat menghemat waktu kerja kita sebagai pengelolah data. Penghitungan yang rumitpun dapat kita lakukan dengan excel. Kelola tabelpun menjadi mudah. Dengan begitu banyaknya formula yang ditawarkan oleh excel ini memungkinkan kita untuk menuntaskan pekerjaan dengan cepat dan efektif.

Excel mampu menampung ribuan data

Jika dilihat dari jumlah baris dan kolom serta sheet yang ada maka bisa dipastikan jika excel mampu menampung ribuan data hanya dalam satu file yang tentu saja dengan berbagai tingkat kerumitan yang beraneka ragam. Microsoft selaku pengembang dari aplikasi dokumen ini telah mengkonfirmasi jika excel memiliki jumlah baris sebanyak 1.048.576 baris dan 16.384 kolom, bisa dibaca disini. dengan baris dan kolom sebanyak itu dan ditambah dengan 64.000 sheet yang dapat kita add (tambah) maka bukan tidak mungkin jika kita dapat membuat ribuan data didalam satu file. Ya tentu saja semakin banyak data dalam satu file excel maka semakin menguras memori komputer kita (laptop / PC) untuk itu pada situs resmi microsoft telah diberi keterangan "Limited by available memory" Jadi dari sini dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan dan specifikasi komputer yang kita miliki.

Excel mampu menampung ribuan data

Excel yang sudah ada sejak tahun 1983 dengan spreadsheet-nya yang diberinama MULTIPLAN dan pada saat itu operasi sistem pada komputer masih populer dengan MS-Dos dengan program bernama  Lotus 1-2-3nya membuat microsoft terus mengembangkan program spreadsheet yang baru dan diberinama EXCEL dengan tujuan awal "seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder "do everything 1-2-3 does and do it better" Dan terbukti hingga saat jika excel mampu menyingkirkan kedigdayaan lotus 1-2-3 dan merupakan salah satu aplikasi dokumen dengan pengguna terbesar di diseluruh dunia. Dengan ini nerarti ... jika semakin banyak pengguna excel maka semakin banyak pula solusi dari setiap persoalan dengan berbagai formula yang ada didalamnya.

Kesimpulan

Mengapa harus belajar excel ? Sudah tertulis dengan jelas jika dengan belajar menggunakan excel sebagai alat pengelolaan data maka kita telah belajar untuk meminimalisir waktu yang awalnya membutuhkan berjam-jam pengerjaannya menjadi lebih efisien dan efektif.

Apa yang dapat saya lakukan dengan excel ? Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan excel diantaranya mengelolah data, membuat aplikasi pengelolaan data, dan lain sebagainya.

mungkin cerita excel hari ini sampai disini dulu ya, terima kasih.


Incoming Terms AGExcel.Net :
  • apakah fungsi pertimbangan microsoft excel
  • cara belajar excel untuk pemula
  • belajar excel pemula
  • manfaat microsoft excel
  • belajar excel untuk administrasi perkantoran
  • belajar microsoft excel untuk pemula
  • belajar excel vlookup

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar