Skip to main content
AG EXCEL

follow us

Berkenalan Dengan Ribbon

Ribbon excel terdiri dari kumpulan tombol perintah pada excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan kategori dan fungsi-fungsinya. Mulai dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View serta tab-tab lain yang tersembunyi.

Berkenalan Dengan Ribbon

Ribbon ini funsinya adalah untuk mempercepat serta mempermudah pengguna excel untuk mengakses serta menggunakan menu atau tombol-tombol perintah yang dianggap penting atau sering digunakan.

Tombol perintah dalam bentuk ikon ini ditempatkan pada bagian atas dalam beberapa tab menu sesuai kategorinya. Pada masing-masing tab, tombol-tombol menu perintah di kelompokkan kedalam group tertentu yang saling terkait secara fungsi. Pada beberapa kelompok terdapat tombol launcher disudut kanan bawah yg berfungsi untuk menampilkan fungsi lebih lanjut dari group tersebut. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tabs Menu

Tabs Menu → Berisi kumpulan tab yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.

Group Menu


Group Menu → Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.

Dialog Box Launcher


Dialog Box Launcher → Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Mengatur Ribbon di Excel



Secara default ribbon sudah diatur untuk memudahkan kita saat bekerja dengan excel tetapi kita dapat menyusun ribbon di excel agar tampilan sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengubah susunan ribbon ini anda bisa masuk ke FILE → OPTION → CUSTUMIZE RIBBON

Item-item yang di centang pada bagian kanan window diatas merupakan menu-menu yang ditampilkan pada ribbon excel. Hilangkan centang jika anda ingin menghilangkan bagian tersebut pada ribbon dan sebaliknya aktifkan centang untuk menampilkan menu-menu tersebut pada ribbon excel.

Pada window tersebut anda bisa juga membuat tab baru (New Tab) serta mengatur group-group menu (new Group) pada tab tersebut sesuai kebutuhan serta menambahkan menu-menu lain yang tersedia di sebelah kiri ke dalam tab atau group ribbon tersebut.

Jika pengauran ribbon yang anda buat amburadul dan ingin mengembalikan tampilan kembali seperti semula gunakan menu reset yang ada pada window tersebut.

Menggunakan shortcut untuk mengakses Ribbon


Menggunakan shortcut untuk mengakses Ribbon
Kitapun dapat menggunakan shortcut pada keyboard untuk mempercepat saat mengakses menu yang terdapat pada ribbon. Cara menggunakan shortcut, anda hanya menekat tombol pada keyboard untuk menampilkan sederet huruf yang digunakan sebagai shortcut.

Penjelasan mengenai shortcut serta fungsinya bisa klik ditautan ini

Untuk hari ini saya rasa cukup dulu yaa, kita lanjutkan lagi dilain kesempatan.


Incoming Terms AGExcel.Net :
  • tampilan ribbon
  • Berkenalan Dengan Ribbon
  • fungsi ribbon pada microsoft excel
  • menu ribbon pada microsoft excel 2010
  • fitur ribbon pada excel 2013
  • ribbon pada microsoft excel
  • pengertian ribbon
  • >icon-icon microsoft excel 2007 beserta fungsinya

You Might Also Like:

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy
Buka Komentar